Berlibur ke Pantai Indrayanti, Sadranan, Baron

Oleh: Khalif Mahatma Istiqbal

Pada hari Minggu, 19 Juli 2020 aku dan teman-temanku berlibur ke Pantai Baron, Sadranan, dan Indrayanti.

Pagi harinya, aku bangun pukul 04.00 WIB. Aku berwudhu dan langsung menunaikan sholat Subuh. Aku mandi terlebih dahulu. Kemudian sarapan. Aku langsung menyiapkan perlengkapan untuk ke pantai.

Pada malam harinya, aku juga sudah menyiapkan perlengkapan. Barang-barang yang aku bawa antara lain baju ganti, bekal makanan, alat mandi dan lain-lain. Setelah siap semua, aku pun siap untuk berangkat.

Pukul 06.15 WIB aku berkumpul. Satelah menuggu teman yang lain, sekitar pukul 07.00 WIB kami berangkat menggunakan bus.

Perjalanan kami lancar. Di tengah perjalanan kami beristirahat sejenak. Kami melewati jalan-jalan yang beragam. Ada jalan yang menanjak, melandai, menikung. Kami naik turun gunung. Kami menuju lokasi yang pertama, Pantai Indrayanti. Sekitar 4 jam perjalanan, akhirnya kami sampai di tujuan.

Pantai Indrayanti terletak di Dusun Ngasem Desa Tepus Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Setelah sampai,  kami menunaikan shalat Dhuhur terlebih dahulu. Kemudian kami ganti baju. Lalu kami berjalan menuju pantai.

Aku dan teman-temanku bermain air di pantai. Karena ombaknya cukup besar, kami dilarang bermain terlalu jauh.

Aku dan tiga temanku mencari ikan yang berada di karang-karang. Kami mendapat beberapa ikan,  tetapi ukuranya kecil. Temanku yang lain ada yang bermain pasir pantai.

Karena aku tidak mendapat banyak ikan, aku memutuskan untuk bermain yang lainya saja. Lalu aku bermain pasir bersama temanku yang lainya. Aku tidak terlalu basah kuyup saat bermain karena aku memang tidak berendam di air.

Kami akan pindah ke pantai selanjutnya. Aku dan temanku tidak ganti baju karena pantai  selanjutnya sangat dekat dan juga akan kembali bermain air di pantai.

Setelah menempuh perjalanan 10 menit akhirnya kami sampai di pantai selanjutnya. Pantai tersebut bernama Pantai Sadranan.

Pantai tersebut terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.

Saat itu, pantai tersebut cukup ramai. Karena sangat ramai proses pemarkiran bus cukup memakan waktu.

Setelah selesai parkir, kami turun dari bus dan berjalan ke pantai. Kami menyewa gubuk untuk duduk dan beristirahat. Kemudian kami makan siang terlebih dahulu.

Setelah selesai, kami langsung bermain di pantai. Beberapa temanku menyewa perlengkapan menyelam dan kapal dayung.

Ternyata di bawah air banyak sekali terumbu karang dan ikan. Pemandanganya sangat bagus. Ada temanku yang mencari ikan. Temanku mendapat seekor ikan yang bagus. Ikan tersebut ditempatkan di ember.

Aku dan beberapa temanku mencoba untuk naik kapal dayung. Saat itu, temanku juga membawa ember yang berisi ikan tersebut.

Kapal yang kami tumpangi malah jatuh. Ikan yang di ember jadi lepas. Kami pun merelakan ikanya lepas kembali ke pantai.

Kami bermain di pantai ini cukup lama. Setelah selesai bermain, kami mandi dan ganti baju. Kemudian kami menunaikan shalat Ashar. Lalu, aku dan teman-temanku pergi membeli jajanan.

Selanjutnya kami berpindah ke lokasi terakhir, pantai Baron yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kami di pantai Baron ini hanya mampir untuk membeli oleh-oleh. Kami akan membeli oleh-oleh bermacam-macam. Ada udang, ikan, rumput laut, dan lain-lain. Beberapa temanku juga membeli jajanan. Aku di sana hanya membeli minuman botol karena bekal minumku hampir habis.

Setelah selesai, kami naik bus dan akan pulang ke rumah. Saat di perjalanan, kami melihat pemandangan yang sangat bagus. Yaitu pemandangan kota yang terletak di bawah. Semua terlihat banyak cahaya-cahaya kecil.

Kami pun menempuh perjalanan sekitar 4 jam. Perjalanan kami berjalan lancar. Kami sampai di rumah sekitar pukul 20.00 WIB. Setelah sampai di rumah, aku langsung menunaikan shalat jama’ Maghrib dan Isya.

Kemudian aku makan malam menggunakan oleh-oleh dari pantai itu. Aku langsung beristirahat karena lelah. Demikian liburan kami di pantai Indrayanti, Sadranan, dan Baron Gunungkidul. Pengalaman berlibur di Pantai Selatan yang tak terlupakan.